Sungai Terbaik di Indonesia untuk Arung Jeram

Pasindo.com - Indonesia memiliki banyak sungai berarus deras yang sangat cocok untuk kegiatan arung jeram atau rafting. Kegiatan Arung Jeram sendiri harus membutuhkan keberanian dalam menaklukan derasnya arus sungai. Di Indonesia sendiri memiliki beberapa tempat arung jeram yang sangat populer. Berikut ini Sungai terbaik di Indonesia untuk arung jeram atau rafting:

Sungai Alas, Nanggroe Aceh Darussalam 

Sungai Alas merupakan tempat rafting popular di Aceh.  Aliran sungai Alas membelah Taman Nasional Gunung Leuser, NAD. Sungai ini memiliki arus yang sangat deras dan tikungan yang sangat tajam yang bisa memacu adrenalin. Untuk pemula, rute yang digunakan bisa dimulai dari Muarasitulan di Kota Kutacane dan berakhir di Kota Gelombang. Dan bagi pe-Rafting Profesional bisa mengarungi sungai Alas mulai dari Angusan. Sungai Alas memiliki pemandangan yang sangat bagus untuk kegiatan Rafting keluarga. Untuk kegiatan rafting sungai Alas memiliki Grade 3-4.

Sungai Asahan, Sumatera Utara 

Sungai Asahan sering digunakan untuk kegiatan Rafting Nasional maupun Internasional, karena sungai ini memiliki Grade 4-5. Sungai Asahan merupakan tempat rafting terbaik ketiga di dunia setelah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat. Untuk kegiatan Arung Jeram, sungai Asangan memiliki panjang rute 22 Km yang dimulai dari Desa Tangga, Kabupaten Asahan.

Sungai Batang Tarusan, Sumatera Barat 

Sungai Batang Tarusan merupakan salah satu tempat rafting terbaik di Indonesia. Sungai ini memiliki Grade 2+ sampai 3 di musim kemarau dan bisa mencapai 4 di musim penghujan. Saat musim penghujan adalah yang paling cocok untuk mencoba rafting di Sungai Batang Tarusan karena debit air akan meningkat dan memiliki jeram yang besar yang bisa membuat perahu terbalik.

Sungai Citarik, Jawa Barat 

Sungai Citarik adalah salah satu tempat Arung Jeram favorit. Memiliki Grade 3 sungai ini selalu ramai dikunjungi diakhir pekan. Sungai Citarik sendiri terletak di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat. Ada beberapa rute pilihan untuk kegiatan Rafting di Sungai ini mulai dari 5Km sampai 19 Km. Selain memiliki jeram bebatuan yang menantang, Sungai Citarik memiliki beberapa Air terjun di sepanjang rute jeram.

Sungai Elo, Jawa Tengah 

Sungai Elo merupakan tempat rafting di Magelang. Lokasi arung jeram ini lumayan dekat dengan Candi Borobudur. Rafting di Sungai Elo sangat cocok bagi pemula namun demikian tetap berhati-hati karena arusnya begitu deras. Rute Jeram Sungai Elo lumayan panjang karena harus ditempuh dalam waktu hampir 3 jam. 

Sungai Pekalen, Jawa Timur 

Sungai Pekalen termasuk salah satu tempat rafting terbaik Indonesia. Sungai ini terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sungai Pekalen sangat dikenal pecinta Rafting karena arusnya sangat deras. Tempat arung jeram terbaik ini memiliki tebing terjal dan batu-batu besar yang akan membuat anda cedera jika tidak berhati-hati. Sungai Pekalen adalah tempat rafting bagi pecinta arung jeram yang sudah mahir atau pecinta rafting berpengalaman.

Sungai Ayung Bali 

Tempat Rafting terbaik di Bali adalah Sungai Ayung. Dimana Sungai Ayung memiliki rute jeram 12 kilometer. Dengan Grade 2-3 tempat rafting terbaik ini cocok bagi pemula. Untuk start berarung jeram  dimulai dari daerah Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Di Sungai Ayung terdapat pahatan-pahatan tebing dari karya seniman Ubud.

Sungai Nimanga, Sulawesi Utara 

Sungai ini merupakan tempat favorit latihan tim arung jeram karena memiliki grade 4-5. Tetapi di musim penghujan grade bisa mencapai 6. Dengan tingkat kesulitan tersebut Sungai Nimanga menjadi tempat favorit rafting terbaik di Indonesia. Untuk menyelesaikan rute jeram sungai ini dibutuhkan waktu hingga 5 jam. Sungai Nimanga terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara
Itulah tempat rafting terbaik di Indonesia yang memiliki arus sangat deras. Untuk harga rafting sendiri disesuaikan dengan lokasi masing-masing. Semoga Sungai terbaik untuk rafting Indonesia diatas bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »